Jumat, 04 Juni 2010

profil


Agus Prasetyo, kelahiran 16 Agustus 1983, di Desa Tunggoro-Kec. Sigaluh-Kab. Banjarnegara-Jawa Tengah. Disela-sela mengajar di : - SMA Takhassus Al-Qur’an Kalibeber-Wonosobo (Mapel Pendidikan Seni Kaligrafi)
- Ekstrakurikuler BTQ dan Kaligrafi di MI,SD,SMP,MTs,SMA,MA di Wonosobo dan sekitarnya
- Prifat dan pelatihan Kaligrafi di Sanggar Seni dan Kaligrafi (Creative Gallery) di Banjarnegara
Agus juga tidak pernah berhenti untuk menulis, melukis dan membuat dekorasi dalam berbagai media dan acara untuk senantiasa mengolah bakat seninya.
Sholawat adalah salah satu jenis seni hobinya yang tidak jarang dilantunkannya. Niat, ikhlas dan bersungguh-sungguh adalah senjata yang ampuh untuk senantiasa menemani dalam mengamalkan ilmunya, Agus sempat mendirikan Sanggar Seni dan Kaligrafi yang diberi nama “Creative Gallery” di Kalibeber-Wonosobo (2006 – 2008) kemudian Gallery tersebut sekarang berpidah tempat di Tunggoro-Sigaluh-Banjarnegara, ini menjadi sebuah kendaraan dan wadah untuk perjuangannya mengembangkan dan membina Anak didik Pemula dan Kaligrafer-Kaligrafer Wonosobo-Banjarnegara dan sekitarnya.
Cinta seni semenjak kecil adalah motivasi terbesar yang dimilikinya, selain berawal dari pembelajaran otodidak, pengetahuan Kaligrafinya juga diperoleh selama belajar di Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo (2002 – 2006) Kepada Ustadz H. Hayatuddin, seorang penulis Al-Qur’an Akbar (Al-Qur’an Raksasa/terbesar di dunia).
Selain itu, Agus juga tidak jarang mengikuti pelatihan-pelatihan Kaligrafi dan dewan hakim di tingkat Jawa-Tengah, sekaligus menimba ilmu dari Ustadz M. Noor Aufa Shiddiq dan Ustadz Muhammad Assiry Jasiri (Kudus–Jawa Tengah). Banyak sahabat yang tidak kalah berpengaruh untuk menjadi sumber inspirasinya dalam berkarya, yaitu para alumni Pesantren Kaligrafi LEMKA–Sukabumi–Jawa Barat, untuk saling berbagi pengalaman dalam bidang Seni Kaligrafi.
Selain ratusan karya Kaligrafi yang sudah dibuatnya, Agus juga sering mendekor masjid, melukis kubah, membuat relief, serta sudah banyak mengantarkan anak didik-nya untuk mendapatkan juara lomba Seni Kaligrafi dari tingkat kecamatan sampai Propinsi, bahkan tingkat Nasional.
Buku-buku karangan beliau antara lain :

 Melukis dan mewarnai kaligrafi, Pengenalan Seni Kaligrafi Islami, untuk anak-anak (2007)
 Design, Relief dan Ornament (2008)
 Menulis menggunakan dua pensil, Kaidah Khath Naskhi (2009)
 Menulis menggunakan Pena Khath, Kaidah Khath Naskhi, (2009)
 Mengenal jenis Khath (Naskhi, Riq’ah, Tsuluts) Jilid 1 (2009)
 Mengenal jenis Khath, (diwani, Farisi, Kufi, Diwani Jali) Jilid 2 (2009)
 Musabaqah Khath Al-Qur’an (2009)
 Kaligrafi dari berbagai media (2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar